BPTM – LIPI Tingkatkan Capaian HKI dengan Menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Dokumen Paten untuk Peneliti

0
93

Tanjung Bintang. Dalam rangka meningkatkan capaian Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam bentuk Paten, BPTM LIPI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen Paten selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 17 – 19 September 2019 bertempat di Ruang Pertemuan BPTM LIPI. Bimtek Penyusunan Dokumen Paten adalah salah satu agenda tahunan yang dilakukan BPTM – LIPI dengan narasumber dari Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI.  Setiap tahun rata-rata capaian HKI dalam bentuk Paten oleh BPTM LIPI adalah sekitar 10 buah.  Bimtek Penyusunan Dokumen Paten yang selalu diadakan secara rutin oleh BPTM LIPI sangat membantu proses penyusunan paten dari hasil-hasil penelitian dan teknologi yang dihasilkan oleh para peneliti di BPTM LIPI. Dalam sambutan pembukaan, Kepala BPTM LIPI, Widi Astuti mengharapkan bahwa paten – paten yang telah dihasilkan oleh para peneliti BPTM LIPI ini dapat dimanfaatkan oleh banyak industri, khususnya industri pengolahan dan pemurnian mineral. Hal ini juga diperkuat dengan telah digulirkannya UU No. 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional IPTEK dan PP No. 45 Tahun 2019 di mana Pemerintah memberikan insentif perpajakan kepada industri atau perusahaan yang menggunakan teknologi hasil penelitian dalam negeri.

Selain itu untuk mendukung proses penyusunan dokumen paten ke depannya, BPTM LIPI juga telah mengikutsertakan 2 orang staf dan peneliti yaitu Mulyani dan Ulin Herlina untuk menjadi Associate Patent Drafter yang diharapkan membantu penyusunan dokumen paten di BPTM LIPI dan mempercepat proses pengajuan paten dari BPTM LIPI. Kedua orang tersebut telah mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Diklat untuk menjadi Associate Patent Drafter yang diadakan oleh PPII LIPI pada tanggal 4-5 September 2019 di Kampus PPII LIPI di Kompleks Cibinong Science Center.

Irwan Budhi Iswanto dan Amelia Febri Ariani Sebagai narasumber dari PPII LIPI mengatakan bahwa dalam Bimtek paten ini diharapkan dapat menyelesaikan 10 buah draft usulan paten supaya dapat didaftarkan sebelum akhir tahun.  Beliau juga mengharapkan Associate Patent Drafter menjadi perpanjangan tangan dari PPII terutama dalam membantu proses penyusunan paten sampai pendaftarannya.

Acara Bimtek Penyusunan Dokumen Paten ini diikuti oleh para Peneliti BPTM LIPI, Koordinator Kawasan Tusi Humas dan Kerjasama BKHH, serta Kawasan Tusi PPII Lampung. Sumber : BKHH dan Humas Kawasan Lampung    

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Please enter your name here