BPTM LIPI Sukses Menggelar Perkemahan Ilmiah Remaja Mineral 2019 (PIRM 2019) tingkat Provinsi Lampung

0
31

Lampung Selatan, 8 November 2019. Sebagai rangkaian Pekan Teknologi Mineral 2019 (PTM 2019), Balai Penelitian Teknologi Mineral LIPI (BPTM LIPI) kembali menghadirkan PIRM 2019 selama 3 hari dari tanggal 5-7 November 2019. “PIRM adalah agenda tahunan BPTM LIPI yang bertujuan memperkenalkan LIPI, BPTM LIPI, dunia penelitian, serta budaya riset dan inovasi kepada generasi milenial calon penerus bangsa”, jelas Kepala BPTM LIPI, Widi Astuti, pada sambutan pembukaan PIRM 2019 di halaman kampus BPTM LIPI. Melalui kegiatan ini, para generasi milenial yang berasal dari berbagai sekolah menengah di Provinsi Lampung diperkenalkan tentang dunia penelitian, riset, dan inovasi. Selain itu, kegiatan ini juga ingin membangkitkan keingintahuan siswa sekolah menengah serta  menggali potensi-potensi unggul yang ada di Provinsi Lampung.

Selama 3 hari, semua peserta dilibatkan dalam berbagai kegiatan yaitu bermacam permainan menyenangkan untuk pembentukan karakter peserta serta membuat semua peserta bisa saling mengenal, lomba Rangking 1 untuk menguji pengetahuan siswa, lomba menulis Essay tentang Mineral, photo competition melalui Instagram BPTM LIPI, mineral science competition, tur ke laboratorium yang ada di BPTM LIPI untuk memperkenalkan peralatan dan kegiatan penelitian yang dilakukan di BPTM LIPI, dan puncak acara adalah lomba KTI dan presentasi KTI yang telah disusun oleh semua peserta sebelum mengikuti PIRM 2019. Pada setiap kegiatan, panitia menyediakan hadiah-hadiah yang menarik dan memberikan semangat kepada semua peserta.

Sebanyak 135 orang siswa dari 27 sekolah SMA/SMK/MA berasal dari 7 kabupaten/kota di Prov. Lampung yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kab. Lampung Selatan, Kab. Pesawaran, Kab. Pringsewu, Kab, Tanggamus, dan Kab. Lampung Timur hadir memeriahkan gelaran PIRM 2019 sebagai peserta. Masing-masing sekolah mengirimkan 5 orang siswa sebagai perwakilan sekolah yang didampingi oleh 1 orang guru pendamping. PIRM 2019 adalah penyelenggaraan tahun ketiga dengan jumlah peserta yang meningkat dan semakin luas asal sekolahnya. Pada tahun 2017 dan 2018, jumlah peserta hanya berasal dari 10 sekolah menengah yang berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan. Peningkatan jumlah peserta serta perluasan asal sekolah bertujuan untuk semakin memperluas informasi tentang LIPI, BPTM dan hasil-hasil riset serta dunia riset.

Konsep perkemahan diharapkan dapat memperkenalkan dunia riset dan inovasi untuk siswa dengan cara menyenangkan. Diharapkan LIPI dan riset semakin dikenal masyarakat luas dan memberi manfaat lebih besar. Melalui kegiatan ini juga semakin membuka cakrawala dan memperluas jaringan antar sekolah terutama dalam hal kegiatan ekstrakurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja). Sekolah-sekolah akan dapat dengan mudah mengakses informasi dari LIPI terkait kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh LIPI untuk siswa-siswa sekolah menengah dan sekolah dasar seluruh Indonesia seperti PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional), LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja), National Young Innovation Award (NYIA) dll.

Pada hari terakhir kegiatan, Tim Juri menentukan juara PIRM 2019 yang terdiri dari Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Favorit berdasarkan penilaian terhadap artikel KTI, presentasi KTI, naskah Essay, dan perlombaan Mineral Science Competition. Para pemenang berhak atas piala, sertifikat penghargaan dan hadiah uang tunai untuk pembinaan ekstrakurikuler KIR di sekolahnya masing-masing. Hasil penilaian dari Tim Juri telah menentukan pemenang PIRM 2019 terdiri dari Juara 1 dari SMAN 2 Tegineneng (Kabupaten Pesawaran) dengan judul KTI “Pemanfaatan Tanaman Serai Potensi Lingkungan Untuk Menghasilkan Minyak Atsiri Menggunakan Destilasi Uap Sederhana (Project Pembelajaran Kimia: Destilasi)” dan judul essay “Generasi Milenial Sebagai Ujung Tombak Pemanfaatan Kekayaan Alam”, Juara 2 dari SMAN 1 Bandar Lampung (Kabupaten Bandar Lampung) dengan judul KTI “Studi Eksperimen Briket Ampas Kelapa Sebagai Bahan Bakar Alternatif Dalam Rumah Tangga”dan judul essay “Pemanfaatan Timah dan Tailingnya untuk Kemajuan Teknologi Indonesia”, Juara 3 dari MAN 1 Tanggamus (Kabupaten Tanggamus) dengan judul KTI “Pemanfaatan Limbah Batang Pepaya (Carica Papaya L.) Sebagai Bahan Pembuatan Bolu Kukus” dan judul essay “Hutanku Terkikis, Emasku Terkuras” serta Juara Favorit dari SMAN 5 Bandar Lampung (Kota Bandar Lampung) dengan judul KTI “Pemanfaatan Ampas Minuman Sari Biji Nangka Menjadi Olahan Nugget Nabati Varian Rasa” dan judul essay ”Pengolahan Baja Nikel Laterit Demi Mewujudkan Kemandirian Industri Baja Di Indonesia”.

Peserta dan guru pendamping yang menyampaikan testimoni terhadap kegiatan PIRM 2019 merasakan manfaat dari kegiatan dan menurut mereka, kegiatan telah dilaksanakan dengan baik dan memberikan banyak pengalaman yang berharga kepada mereka. Pemenang juara 1 dari SMAN 2 Tegineneng sangat terharu dengan pencapaian mereka yang sangat tidak disangka-sangka. Perjuangan mereka untuk ikut PIRM 2019 cukup besar dan telah berganti judul KTI hingga 3 kali. Dan perjuangan besar ini tidak mengkhianati hasil karena mereka layak menjadi Juara 1 PIRM 2019. Pada sambutan penutupan PIRM 2019, Kepala BPTM LIPI menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah semangat mengikuti kegiatan hingga akhir acara. Melalui PIRM 2019 ini juga tergali bibit-bibit unggul di bidang riset dan inovasi dari generasi milenial di Propinsi Lampung. Kepala BPTM LIPI juga mengharapkan silaturahmi terus terjaga dan siswa-siswa sekolah menengah dari Propinsi Lampung juga dapat mencoba perlombaan pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Sumber : Tusi Humas BKHH LIPI Kawasan Lampung

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Please enter your name here