Rapat Koordinasi Kedeputian Jasil LIPI Munculkan Banyak Kolaborasi Antar Satker

0
325

Selama 3 hari sejak tanggal 14-16 November 2019 diselenggarakan Rapat Koordinasi Kedeputian Jasil LIPI yang diikuti oleh semua Kepala Satker di Kedeputian Jasil, Ketua PME Satker, Pengelola DIPA Satker, Tim RB satker dan semua Ketua Keltian di Satker. Rakor yang dilaksanakan di Hotel Santika Premier Yogyakarta mengusung tema “Penelitian dan Kontribusinya untuk Indonesia Maju 2020-2024”. Rakor dibuka dan ditutup oleh Deputi Jasil, Dr. Mego Pinandito. Rangkaian acara terdiri dari sambutan dan pengarahan oleh Deputi Jasil, penjelasan DIPA Jasil 2020, dan presentasi tentang keltian seluruh Kedeputian Jasil oleh masing-masing Ketua Keltian. Di tengah acara juga dilakukan penandatanganan MoU antara BPTBA LIPI dengan Pemkab Gunungkidul.

Melalui Rakor ini banyak muncul ide-ide penelitian bersama dan kolaborasi antar satker karena adanya kesempatan untuk saling mengenali kegiatan dan kepakaran masing-masing Keltian.

BPTM mendapatkan beberapa ide baru diantaranya ekstraksi metalurgi dan benefisiasi mineral dengan teknologi plasma dan nanobuble yang akan berkolaborasi dengan BPI, bahkan akan segera direalisasikan dalam bentuk pengusulan Proposal Insinas bersama. Selain itu juga rencana kerjasama dengan BPTBA berupa penyediaan senyawa-senyawa mineral food grade untuk fortifikasi pangan fungsional mencegah stunting, mineral untuk pakan ternak, oksida logam nanopartikel untuk antibakteri batik dan kemasan, dll. Bersama BPI, BPTM juga akan mengaplikasikan teknologi Smart Farming yang diciptakan oleh BPI di lingkungan kampus BPTM yang memiliki area luas. Jika ide smart farming berhasil di BPTM, hal ini akan menjadi percontohan smart farming di Lampung.

#BPTM_LIPI
#JASIL

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Please enter your name here