Workshop X-Ray Powder Diffraction (XRD) diselenggarakan oleh Balai Penelitian Teknologi Mineral pada Senin, 26 Februari 2018. Kegiatan WXRD dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Balai Penelitian Teknologi Mineral-LIPI, Lampung Selatan. Selama workshop peserta menerima pelatihan meliputi teknik persiapan sample, dan parameter-parameter yang mempengaruhi intensitas dan posisi daripada puncak difraksi. Pengolahan dan interpretasi hasil XRD menggunakan software High Score Plus (HSP). Setiap peserta membawa laptop masing-masing selama pelatihan, dan kemudian diberikan latihan untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan. Sebelum workshop dimulai para peserta mengerjakan pre-test dari panitia dan setelah selesai workhsop mereka mendapatkan post-test. Tujuan dari diadakannya pre-post test adalah untuk mengukur sejauh mana mereka bisa menyerap materi yang disampaikan serta untuk evaluasi terhadap narasumber yang menyampaikan materi.

Workshop Interpretasi Data Hasil XRD menggunakan Software High Score Plus, Pengolahan Data XRD, Metode Analisa Rietveld Refinement ini diperuntukkan bagi para mahasiswa PKL ataupun yang sedang Tugas Akhir/Penelitian (Skripsi Tesis, Disertasi) di lingkungan Balai Penelitian Teknologi Mineral. Peserta yang hadir berjumlah 22 Orang Mahasiswa terdiri dari mahasisaw UGM, UNILA, UNTIRTA, MALAHAYATI dan UII.

Narasumber yang menyampaikan materi pada workshop ini adalah Peneliti dan Koordinator Laboratorium Analisa Kimia BPTM – LIPI. Keduanya sudah menyelesaikan pelatihan melalui vendor resmi di Belanda langsung dengan instruktur profesional dan telah bergelut sejak awal dengan alat XRD.

Categories: Berita

Yoka Pramadi

Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *