Lampung Selatan (27-28/4/2018), Workshop Scanning Electron Microscope (WSEM) menggunakan Phenom ProX dari Phenom World dilaksanakan atas kerjasama BPTM LIPI dengan PT. Dynatech International. Peserta Workshop berjumlah 25 orang, terdiri dari Peneliti BPTM – LIPI, Peneliti UPT. LUTPMB LIPI-Liwa, Dosen Unila, Universitas Malahayati, Peneliti Balitbangda Prov.Lampung dan Staf Analis Lab. Workhsop berlangsung 2 hari (27-28 Maret 2018). Para peserta diperbolehkan untuk membawa sampel sebagai bahan analisa selama dua hari tersebut dan peserta akan diberikan kesempatan untuk mengoperasikan Alat Uji SEM secara mandiri. Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan Phenom ProX SEM Generation 5 kepada para peneliti, akademisi, praktisi bidang material maupun industri yang membutuhkan teknologi ini .

Kegiatan WSEM ini hanya menyediakan tempat terbatas sehingga panitia hanya membatasi 25 orang peserta saja. “Kami mengharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan melakukan pengoperasiannya sendiri dan peserta dipersilahkan membawa 1 spesimen sampel untuk praktek uji SEM secara langsung” ujar Kepala BPTM – LIPI dalam sambutannya.Kegiatan Workshop SEM  dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Balai Penelitian Teknologi Mineral-LIPI, Lampung Selatan dengan penuh antusiasme dari peserta. Selama workshop peserta menerima pelatihan meliputi teori (pengenalan dan prinsip-prinsip kerja SEM, observasi dan preparasi sampel, fitur-fitur dari SEM Phenom seri ProX, Back Scattered Detector (BSD), Energy Dispersive Spectrometer (EDS), Secondary Electron Detector (SED), teknik persiapan sampel dan praktek mengoperasikan SEM beserta cara menganalisa hasilnya. 

 

 Sebagai narasumber, pihak phenom world mengirimkan personilnya yang berpengalaman dalam pengoperasian alat SEM ini. Menurut penuturan narasumber ini merupakan seri Desktop SEM yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Tidak seperti SEM jenis lainnya yang memang memerlukan ruang kerja yang cukup luas dan sangat rendah dalam mobilitas. Selama di dalam ruangan tersebut memiliki pendingin ruangan, SEM Desktop Phenom ProX ini mudah untuk dijalankan. SEM Phenom seri ProX tipe desktop dari Phenom Word bagian dari Thermo Fisher Scientific. SEM Phenom seri ProX merupakan generasi ke 5 yang berkinerja tinggi dalam pencitraan dan analisis sekaligus terbaik dikelasnya. Mudah dan cepat dioperasikan untuk menciptakan hasil dengan standar kualitas yang tinggi. Dengan dilengkapi Software Element Identification (EID) dan secara penuh terintegrasi dengan detektor Energy Dispersive Spectrometer (EDS) menghasilkan identifikasi sebaran unsur-unsur kimia yang cepat.

Categories: Berita

Yoka Pramadi

Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *