Lampung Selatan (27-28/4/2018) – JASIN. Kunjungan Fakultas Teknik Mesin Universitas Malahayati kali ini dirasa berbeda, bukan karena mereka sudah pernah datang ke BPTM – LIPI, melainkan mereka melakukan pengecoran alumunium. BPTM LIPI adakan kerjasama Workshop Pengecoran Alumunium untuk Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malahayati.

Terdiri dari 17 Orang Mahasiswa Jurusan teknik mesin, Fakultas Teknik Universitas Malahayati. mereka melakukan praktikum terkait mata kuliah teknik pengecoran. BPTM – LIPI sendiri memiliki alat dan teknologi untuk mengolah limbah alumunium dari barang-barang bekas rumah tangga atau bengkel. Limbah tersebut diolah kembali menjadi ornamen-ornamen alumunium untuk keperluan pembuatan pagar atau teralis.

Kegiatan pengecoran alumunium ini merupakan kegiatan pembinaan terhadap UMKM dalam bentuk skema pendanaan Ilmu Pengetahuan untk Daearah (IPTEKDA) yang didanai dari DIPA satuan kerja BPTM sendiri. Program ini sudah bergulir selama 2 tahun terakhir, dimana UMKM yang telah dibina dan diberikan pengetahuan tentang pengolahan limbah alumunium bisa menerapkannya di lingkungannya. Para mahasiswa teknik mesin ini belajar dari para pegawai UMKM yang sudah menguasai teknik pengecoran yang diajarkan oleh para peneliti BPTM LIPI.

Peserta praktikum pengecoran ini belajar bagaimana membuat cetakan pasir dengan model-model ornamen yang sudah ada. Juga selain itu mereka dituntut untuk berkreasi sendiri membuat model cetakan menggunakan styrofoam dan hasil cetakannya lumayan bagus.

Categories: Berita

Yoka Pramadi

Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *