Lampung Selatan: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Penelitian Teknologi Mineral (BPTM) mengadakan Pekan Teknologi Mineral 2018 Untuk lebih mengenalkan hasil penelitian kepada publik.

Kepala BPTM LIPI, Driszal Fryantoni saat pembukaan Pekan Teknologi Mineral 2018, Selasa(25/09/18), menjelaskan, sejak dua tahun sebelumnya BPTM telah menggelar kegiatan diseminasi hasil penelitian lewat Pekan Teknologi Mineral pada tahun 2016 dan 2017.

Kegiatan ini menurutnya, dilakukan untuk memberikan informasi secara lebih jelas kepada stakeholder tentang penelitian yang dilakukan pihaknya dan diharapkan ada feedback positif seperti kerjasama penelitian dengan akademisi, birokrasi dan pelaku industri.

Driszal mengungkapkan, tidak hanya diseminasi penelitian yang ditonjolkan dalam acara tersebut tetapi juga pembinaan industri kecil dan menengah agar para UMKM itu bisa meningkatkan daya saingnya melalui hasil riset.

Pekan Teknologi Mineral 2018 berlangsung dari tanggal 19 September sampai 5 Oktober 2018 dengan berbagai kegiatan seperti Pameran Teknologi Mineral, Perkemahan Ilmiah Remaja Mineral, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dan science show.

Pekan Teknologi Mineral ini merupakan salah satu agenda kegiatan tahunan kami, dimana tahun ini merupakan yang ketiga kalinya, tujuan kami mengadakan ini dalam rangka untuk memperkenalkan beberapa hasil kegiatan yang sedang kami lakukan maupun telah kami lakukan,” Ujar Driszal Fryantoni.

Sementara Kepala BidangIPTEK BalitbangdaProvinsi Lampung, Achmad Zoelkarnain, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan Pekan Teknologi Mineral 2018.

Menurutnya, kolaborasi sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan di Lampung.

Dikatakannya, saat ini Gubernur Lampung juga meminta Balitbangda untuk lebih aplikatif dengan menerapkan hasil penelitiannya.

Categories: Berita

Yoka Pramadi

Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *