SEKILAS BPTM

kupolaBerawal dari kegiatan penelitian Lembaga Metalurgi Nasional di Cisitu, Bandung, mengenai pengolahan bijih besi menjadi pig iron, dibangunlah pilot plant tanur tiup pengolahan bijh besi menjadi pig iron dengan kapasitas 25 ton/hari di Tanjung Bintang, Lampung Selatan, menggunakan dana Bantuan Presiden (BANPRES) pada tahun 1983.

(Lampung) UPT Balai Pengolahan Mineral Lampung (UPT BPML)-LIPI adalah salah satu satuan kerja yang memiliki tanggung jawab dan berada dibawah naungan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), yang memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan kegiatan pengolahan mineral logam dan non-logam sehingga memiliki nilai tambah yang lebih tinggi, sebagaimana tertuang  dalam Surat Keputusan Kepala LIPI No. 1023/M/2001. Sejak saat itu telah dilakukan berbagai upaya untuk merenovasi dan mengoperasikan tanur tiup kembali, salah satunya adalah pada tahun 2007 hingga 2008, yang akhirnya pengoperasian kembali tanur tiup tersebut diresmikan oleh Kepala LIPI pada bulan Maret 2008. Upaya tersebut dilakukan untuk menarik minat para investor agar mau berinvestasi dalam memproduksi besi-baja menggunakan tanur tiup milik UPT BPML-LIPI. Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil yang optimal hingga saat ini.

Pada awal tahun 2008 Bidang Rekayasa Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 TELIMEK-LIPI) bergabung dengan UPT BPML-LIPI. Penggabungan ini membawa dampak yang cukup besar terutama dari segi Sumber Daya Manusia serta Sarana dan Prasarana yang sangat mendukung kegiatan UPT BPML-LIPI.

Namun terhitung 24 februari 2016 berganti nama menjadi Balai Penelitian Teknologi Mineral (BPTM-LIPI), pergantian nama tersebut dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kinerja Balai Penlitian Teknologi Mineral dan untuk mengoptimalkan penelitian teknologi mineral.

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi tersebut, maka BPTM-LIPI memiliki peran yang cukup signifikan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mengolah batuan mineral melalui penguasaan teknologi pengolahan mineral yang telah dikembangkan melalui berbagai kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh BPTM-LIPI. Dalam melaksanakan kegiatannya, BPTM-LIPI selalu mengacu pada Visi dan Misi LIPI.

Share This: